uploaded.to

Halal Guide

Label

Sabtu, 02 Oktober 2010

Gardan kijangku kok ngompol?

Toyota kijang (toki), si mobil sejuta umat, termasuk dalam golongan mobil yang handal dan tahan banting, untuk kelas mobil angkutan.
Sejarah panjang toki ini dimulai dari kijang generasi 1 (1977-1980),  kijang super, kijang kapsul, sampai dengan innova. Mesin kijang generasi 1 sampai dengan kijang kapsul menggunakan seri K (3K s/d 7K, termasuk 7K-E alias kijang kapsul injeksi), dan mesin 2L pada kijang kapsul diesel; dan 1TR-FE & D4D untuk innova.
Dari generasi ke generasi tersebut, kijang tetap mempertahankan model penggerak roda belakang, masyarakat sering menyebutnya sebagai gardan belakang. Pada kijang yang sudah berumur, sering ditemui tetesan oli di lantai yang muncul dari  gardan ini, alias ngompol.

Penyebab Gardan "Ngompol"
Apakah penyebab ngompolnya si gardan ini?
Salah satu penyebabnya adalah kebocoran seal, seperti yang terjadi pada kijang 1992 ini.


rembesan oli gardan

Kebocoran ini bisa ditandai dari basah oli di titik tersebut, atau juga tetesan oli gardan di lantai jika toki ini diparkir.

Sedangkan bentuk sealnya adalah seperti ini.


sil gardan kijang

Bagian tengah dari seal inilah yang aus, sehingga oli gardan bisa meler keluar.

Proses Penggantian Seal
Kali ini, proses penggantian dilakukan di bengkel Hasta , Lenteng Agung, Jakarta.
Proses diawali dengan melepas propeller dari gardan, dan melepas joint ke arah propeller, sehingga kondisi gardan seperti gambar di bawah ini.


Posisi sil gardan

Sil gardan ini diganti dengan yang baru. Harga sil baru ini tergantung dari jenis barang yang digunakan (ori, KW1, dll). Harga sil baru kurang lebih 90ribu (ori, info dari toko di Atrium Senen, Jakarta).

Setelah sil ini diganti, gardan dirangkai sampai tersambung kembali seperti semula. Jangan lupa melakukan penambahan oli gardan dan melakukan cek terhadap kebocoran.

Berapa lama pengerjaannya?
Lama pengerjaan penggantian sil ini sekitar 1-2 jam. Biaya jasa pengerjaan, bisa ditanyakan ke masing masing bengkel yang melakukan penggantian.

Special thanks to bengkel Hasta & crew atas bantuannya....

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar