author : K. Tatik Wardayati

dok: Menu Sehat

Intisari-Online.com – Kadang-kadang saat kita bekerja, kita memerlukan makanan kecil untuk menambah energi. Namun, hati-hati ngemil bisa berbahaya bagi tubuh kalau kita sembarang memakan makanan yang tidak sehat. Lebih baik sediakan camilan sehat di meja kerja kita, untuk ngemil bila waktu makan siang masih lama. Apa saja makanan sehat yang bisa disediakan di meja kerja? Yuk, kita simak…

Teh hijau.
Manfaat teh hijau rasanya sudah tidak asing lagi. Kaya antioksidan, terbukti berguna melawan beberapa kondisi kesehatan termasuk kanker, masalah jantung, diabetes, dan gangguan gigi, juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan memerangi stres dengan cara mendinginkan saraf dan sel-sel otak. Teh hijau juga meningkatkan metabolisme sehingga membantu dalam penurunan berat badan. Baik juga untuk kesehatan kulit. Teh hijau lebih baik daripada teh biasa, dan bisa disimpan di laci meja kerja dalam bentuk kantong teh hijau. Hanya tinggal mencelupkan kantungnya saja dalam secangkir air panas. Praktis bukan?

Almon dan kenari panggang.
Kedua kacang ini adalah sumber asam lemak omega-3. Bukan hanya mengendalikan asam lambung, tapi juga meningkatkan konsentrasi saat bekerja. Almon dan kenari meningkatkan mood sehingga membantu memerangi stres dan membantu memperbaiki tekstur kulit. Simpan dalam wadah kedap udara dan taruh wadah di laci, tapi pastikan menyimpannya hanya dalam jumlah terbatas karena bisa tengik kalau disimpan dalam waktu yang lama.

Kedelai sangrai.
Kedelai yang disangrai atau dipanggang dan disimpan dalam wadah kedap udara merupakan camilan yang tepat. Selain rendah kalori, protein yang tinggi serta serat larut, sangat penting untuk menjaga berat badan dan menjaga kesehatan pencernaan. Asam amino esensialnya berfungsi sebagai makanan untuk kesehatan otak dan meningkatkan konsentrasi kerja.

Buah.
Makanan super ini mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral. Buah-buahan yang menyegarkan dan meremajakan ini merupakan makanan ringan yang lebih baik, terutama saat kita berada dalam tekanan pekerjaan.

Kue havermut.
Havermut terkenal karena kadar serat larut dan tidak larut yang membantu melindungi terhadap penyakit perut, kanker, masalah jantung, gula darah tinggi, dan tekanan darah tinggi. Merupakan penguat energi dan membantu dalam meningkatkan pencernaan serta menangani stres. Jadikan ini sebagai camilan di meja kerja kita.

Biskuit dari biji-bijian.
Biskuit ini mirip dengan kue havermut. Kombinasi dan manfaatnya sama, hanya rasanya yang mungkin berbeda.

Popcorn.
Popcorn bisa jadi camilan sehat bila dimasak di rumah daripada membeli. Tentu saja untuk menghindari lemak yang berlebihan atau penambah rasa pada popcorn. Tambahkan saja sedikit garam, maka popcorn akan tetap rendah lemak dan tinggi serat, yang baik untuk mengisi perut sebelum datangnya makan besar.

Cokelat hitam.
Cokelat hitam lebih baik daripada cokelat susu, baik jika dimakan sesekali. Cokelat hitam meningkatkan sirkulasi darah dan mengatur tekanan darah tinggi. Kandungan antioksidannya baik dalam mengatasi depresi dan stres.

Mesin juga membutuhkan bahan bakar, pelumas dan lainnya untuk tetap bekerja dan memberikan layanan yang baik. Demikian juga kita, sebagai mesin yang dibangun dengan darah dan daging pastinya tetap membutuhkan bahan bakar yang sehat dari waktu ke waktu. Tidak ada pekerjaan atau profesi yang berhasil baik jika kita bekerja tanpa makanan.

sumber: Intisari Online

Kopi 3in1? Itu biasa…  Kopi Radix-HPA adalah kopi herbal 7in1….. luar biasa…