AN Uyung Pramudiarja - detikHealth

teh oolong

ilustrasi (foto: thinkstock)

Shanghai, Karena diyakini lebih berkhasiat dibanding teh biasa, Teh Oolong cukup populer di seluruh dunia. Namun hati-hati, ada beberapa produk Teh Oolong buatan China yang diketahui tercemar kandungan racun berbahaya dan bisa merusak tulang.

Produk-produk yang tercemar itu dibuat di Shanghai dan dijual dengan merek dagang Mingfeng, Jiaranlu, Zhengxiangyuan, Cuiming dan Shenxin. Kelimanya termasuk dalam daftar 19 merek Teh Oolong lainnya yang juga tidak memenuhi standar mutu keamanan pangan di China.

Kandungan racun yang ditemukan dalam 5 merek Teh Oolong tersebut adalah unsur bumi langka (rare-earth element). Tidak disebutkan unsur apa saja yang ditemukan dalam produk-produk trsebut, namun disebutkan kadarnya melebihi batas aman yakni 2 mg/kg.

Badan pengawas makanan di China mengatakan, unsur bumi langka sering ditambahkan dalam produk teh untuk memperbaiki kualitas fisik dan meningkatkan cita rasa. Namun seperti dikutip dari Shanghaildaily, Kamis (10/11/2011), unsur-unsur tersebut bisa berbahaya jika berlebihan khususnya bagi tulang.

Unsur bumi langka merupakan kumpulan 17 unsur kimia yang sebenarnya tidak langka, dan banyak dipakai dalam industri elektronik maupun peralatan teknik. Salah satu unsur dalam kelompok ini adalah Scandium (Sc), yang namanya sesuai tempat pertama kali ditemukan yakni di Skandinavia.

Teh Oolong sendiri sangat digemari karena diyakini lebih bermanfaat dibanding jenis teh lainnya, terutama untuk mengontrol kadar kolesterol dan menurunkan gula darah. Teh ini juga disebut teh semi-fermentasi karena mengalami oksidasi dalam proses pembuatannya.

Proses oksidasi dalam pembuatan Teh Oolong terjadi karena daun teh yang baru dipetik dijemur sangat lama di bawah terik matahari. Daun-daun teh tersebut baru siap digunakan setelah benar-benar mengering, hingga keriting seperti daun yang mulai akan membusuk.

(up/ir)

sumber: detikHealth

Kopi 3in1? Itu biasa…  Kopi Radix-HPA adalah kopi herbal 7in1….. luar biasa…