author : K. Tatik Wardayati

Sebagai sumber karbohidrat, mampu menurunkan tekanan darah dan obesitas.

Intisari-Online.com – Dibalik fungsinya sebagai sumber karbohidrat, kentang ternyata juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Scranton, Pennsylvania, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa makan dua porsi kentang setiap harinya dapat mengurangi tekanan darah dalam tubuh.

Dalam penelitian tersebut, sebanyak 18 laki-laki dan perempuan diminta untuk mengonsumsi 6-8 buah kentang seukuran bola golf, untuk makan siang dan makan malam selama sebulan. Sebagian besar dari mereka menderita obesitas dan mengonsumsi obat penurun tekanan darah. Setelah sebulan, pemeriksaan medis menunjukkan penurunan yang signifikan pada tekanan darah. Kentang bahkan efektif mampu menggantikan obat penurun tekanan darah tinggi.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, sebaiknya kentang diproses tidak dengan menggoreng. Memanggang lebih baik, atau gunakan microwave, dan tanpa mengupasnya. "Kentang yang dimasak dalam microwave tanpa tambahan mentega, minyak, dan kecap, adalah yang terbaik bagi kesehatan Anda. Atau dengan direbus," menurut Joe Vinson, pimpinan peneliti, seperti dikutipDailyMail.

Vinson menambahkan bahwa kentang juga memiliki keuntungan lain bagi mereka yang menderita obesitas. "Kentang mengandung karbohidrat tinggi dengan kalori lebih sedikit," katanya.

Harapannya, hasil penelitian tersebut bisa membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

sumber: Intisari Online

Didukung oleh: Kedai Mas 'nDut – Mie Ayam Ceker

Kopi 3in1? Itu biasa…  Kopi Radix HPA adalah kopi herbal 7in1….. luar biasa…