uploaded.to

Halal Guide

Label

Minggu, 26 Juni 2011

[New post] Awas, Fuel Pump Jebol Ramai Lagi

Awas, Fuel Pump Jebol Ramai Lagi

Gambar Muhammad Ikhsan - detikOto

 Jakarta - Masih ingat insiden jebolnyafuel pump yang merebak pertengahan tahun lalu? Kabarnya jumlah fuel pump yang jebol di pertengahan tahun 2011 ini kembali meningkat. Penyebabnya serupa?

"Fuel pump jebol relatif naik lagi. 1 Mei sampai 8 Juni secara nasional ada 328 kasus fuel pump. Mobil yang terlibat tahun 2007-2008," ujar Nurjaman, Technical Warranty Auto2000 (diler resmi Toyota) ketika dihubungi detikOto.

Fuel pump mobil-mobil Toyota menurutnya dalam kondisi ada yang macet dan lengket. Meski meningkat signifikan, belum diketahui apakah hal ini terjadi karena memang sudah masanya fuel pump mengalami kerusakan atau karena bahan bakar yang jelek.

"Mereka harus ganti saringan bensin. Kebanyakan pemakai Premium. Yang rusak Innova, Camry, Kijang kapsul, Altis. Yang paling banyak Vios yakni 189 kasus dari 328 kasus," ujarnya.

Auto2000 menurutnya sudah menderek sekitar 171 unit mobil yang mogok di jalanan Jakarta.

Sementara Work Shop Head Proton Slipi Jakarta Barat, Toto Mustopa mengaku pihaknya sudah mendapat laporan dari ATPM lain soal merebaknya lagi kasus fuel pump. Meski begitu mobil-mobil Proton relatif aman.

"Proton belum ada komplain, tapi saya dapat laporan diler Toyota Pluit, Hyundai TB Simatupang ada. Saya takutnya problemnya di bahan bakar. Pompanya macet," ujarnya.

ATPM Lain Belum Tunjukkan Kenaikan Signifikan

Sementara pabrikan lain, belum melaporkan adanya kerusakan signifikan pada fuel pump. Seperti misalnya Honda.

"Lonjakannya tidak seperti dulu. Kebanyakan mereka yang rusak saat ini karena masa pakai. Sampai saat ini tidak ada kejadian fuel pump di diler Honda mana pun. Kalau pun ada pasti kita dapat laporan dari Honda pusat," terang Honda Service Honda Pondok Pinang, Heru Hermawan.

Hal yang sama dituturkan Manajer Komunikasi dan Pemasaran PT KIA Mobil Indonesia Ridjal Mulyadi. "Belum ada, dari after sales servis pusat tidak ada laporan. Kalau ada problem biasanya pusat sudah tahu," ujarnya.

Sebelumnya Pertamina menjamin bahwa Premium yang dipasarkannya tidak pernah mengalami penurunan spesifikasi yang menyebabkan fuel pump jebol.

"Kami sudah tes tidak lama setelah masalah itu merebak, tapi tidak ditemukan masalah di Premium. Kita juga sampai sekarang bingung kenapa kemarin ada fenomena seperti itu," ujar Vice President Corporate Communication Pertamina, M Harun beberapa waktu lalu.

( ddn / ddn ) 

sumber: detik-oto

Kopi Radix HPA, klik di sini.

Komentari tulisan ini



Trouble clicking? Copy and paste this URL into your browser: http://subscribe.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar